berita

07 Jul 2022

SHOW OFF KEMAMPUAN SISWA EKSKUL SMK MUHAMMADIYAH TUMIJAJAR DI FORTASI

Rabu, 6 Juli 2022 - 14.37 WIB

SMKTOME - Ahamdulillah tiga hari selama FORTASI SMK Muhammadiyah Tumijajar selalu ditemani cuaca cerah yang selalu menyalurkan energi positif dan semangat sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Pembelajaran tidak hanya didapatkan siswa melalui intrakurikuler yang terangkum dalam kurikulum namun ada pembelajaran yang menunjang siswa mengasah kemampuan bukan hanya sekedar hobi. Wadah ini adalah fasilitas yang disediakan sekolah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa.

Ekstrakurikuler yang terdapat di SMK Muhammadiyah Tumijajar ada 7. Pertama, Seni Tari yang mempelajari berbagai macam tari tradisional dari sabang sampai merauke. Tidak hanya itu mereka juga mempelajari tari kreasi untuk meningkatkan kemampuan menari mereka. Seni tari ini berlatih pada setiap Rabu sore. Kedua, futsal adalah turunan dari sepak bola yang terdiri dari 5 orang dalam satu tim. Futsal sendiri sangat populer dan diminati siswa laki-laki maupun perempuan. Berlatih pada setiap hari kamis dan sabtu guna mempelajari teknik baru dan persiapan turnamen. Ketiga, tapak suci putera muhammadiyah merupakan satu-satunya ilmu bela diri yang ada di perserikatan Muhammadiyah. Mohon doa dan dukungannya untuk para atlet Tapak Suci SMK Muhammadiyah Tumijajar yg insya Allah akan mengikuti kejuaraan internasional di Bandar Lampung. Keempat, voli yang sangat populer juga dikalangan siswa ini merupakan olahraga yang banyak menggunakan tangan. Misi dari olah raga ini adalah mempertahankan supaya bola tidak jatuh di area tim sehingga lawan akan mendapatkan poin.

Kelima, PASKIBRA atau pasukan pengibar bendera selalu bertugas pada upacara setiap hari senin. Bukan hanya belajar komando dan baris-berbaris, tapi juga melatih kedisiplinan, kepercayaan dan kekompakan antar satu tim. Keenam, IPM voice wadah bagi siswa yang memiliki hobi bernyanyi dan memiliki suara yang merdu. Selain paduan suara, IPM voice juga mempelajari kemampuan bernyanyi solo. Ketujuh, PMR singkatan dari Palang Merah Remaja adalah suatu perkumpulan untuk siswa yang memiliki kepedulian sesama yang tinggi dalam hal kesehatan. Poin penting dari PMR yakni memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, baik luka luar maupun luka dalam.

Para anggota yang tergabung di ekskul masing-masing tidak ingin menyajikan hal yang biasa. Mereka berlatih secara serius untuk bisa memamerkan kemampuan yang telah mereka miliki kepada peserta FORTASI sehingga mereka tertarik dan bergabung ke dalam salah satu ekskul.

Terakhir adalah wahana yang sangat krusial untuk bisa menjalankan program-program kesiswaan dan mengasah kemampuan berorganisasi, menyelesaikan hambatan serta melatih kepemimpinan yakni IPM. IPM sendiri adalah singkatan dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah salah satu ortom perserikatan Muhammadiyah yang wajib ada di setiap SMK/SMA/MA Muhammadiyah.

Sunar selaku pembina IPM mewajibkan bagi peserta FORTASI untuk memilih satu dari tujuh ekskul yang ada di SMK Muhammadiyah Tumijajar.(nvabanisa)

Kirim Pesan