berita

07 Jul 2022

SIAP SATU KOMANDO, SMK TO ME MELAKSANAKAN KETARUNAAN PADA HARI KE-2 FORTASI

Selasa, 5 Juli 2022 - 18.45

SMK TO ME - Hari ke dua FORTASI SMK Muhammadiyah Tumijajar dibuka dengan apel pagi bersama wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Ade Sunardi Putra, S.Pd.I serta pembina IPM Sunar, S.Pd. dan anggota panitia FORTASI guna memberi informasi dan pengarahan kepada peserta sebelum dimulainya kegiatan FORTASI.

Sikap menghargai dan bertanggungjawab terhadap lingkungan sekolah sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan atau cara memandang sekolah sebagai lingkungan pendidikan dan pembelajaran atau yang lebih dikenal Wawasan Wiyata Mandala untuk peserta supaya lebih mengetahui dan mengenal sekolah yang akan menjadi tempat menuntut ilmu selama 3 tahun.

Materi ini disampaikan oleh motivator handal yang sudah berpengalaman dibidangnya dan juga salah satu guru SMK Muhammadiyah Tumijajar yaitu Tiara Melati, S.Pd. Beliau menyampaikan tentang bagaimana suasana kegiatan belajar mengajar di SMK Muhammadiyah Tumijajar yang asik dan menyenangkan serta peraturan yang harus di patuhi peserta didik selama bersekolah SMK Muhammadiyah Tumijajar.

Beliau tidak lupa menampilkan video profil kebanggan sekolah yang sudah direkomendasikan langsung oleh purna tugas DIRJEN pendidikan vokasi Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D.  sebagai rujukan untuk membuat video profil SMK. Respon dan antusiasme yang ditunjukan peserta FORTASI sangat luar biasa, mereka takjub dan memberi tepuk tangan yang meriah saat video selesai di putar.

Salah satu peserta dari jurusan TKRO menganggap bahwa video yang baru saja ia lihat adalah yang terbaik. "Videonya bagus banget buk, keren. Apalagi pas jurusan saya" ujar Gur Nur Rahmat. "Buk saya mau juga besok ikut bikin video profil yang baru" sahut Bagus Ardian yang berada disebelahnya. Tentu saja antusiasme ini sangat berarti karena mengingat proses pembuatan video profil sekolah yang sangat tidak mudah.

Jalan sehat seputar lingkungan SMK Muhammadiyah menjadi awal kegiatan peserta untuk menjalani pelaksanaan ketarunaan. Butuh yang namanya pemanasan untuk tubuh supaya tubuh tidak kaget saat menjalani ketarunaan.

Tujuan ketarunaan ini adalah mengenalkan peserta macam-macam bentuk komando yang ada di persatuan baris-berbaris melatih disiplin serta mental mereka. Banyak dari peserta yang sudah mengetahui dasar dari komando tersebut namun ada juga yang belum terbiasa untuk berdiri posisi siap dan tetap berada dibarisan. Pelatihan menjadi pemimpin komando juga dirasakan peserta. Ini berguna untuk melatih percaya diri dan mental berani peserta untuk kedepannya.

Hadap kanan, balik kanan, komando dasar yang harus dilakukan dengan kompak. Ini terlihat mudah namun jika tidak berkonsentrasi, kesalahan pun akan terjadi.

Semangat selalu perserta dan panitia FORTASI SMK Muhammadiyah Tumijajar! Balik kanan, bubar jalan.(nvabanisa)

Kirim Pesan