berita

17 May 2022

INILAH YANG HARUS DILAKUKAN SISWA TO ME SETELAH MENYELESAIKAN PRAKERIN, APA SIH YANG HARUS DISIAPKAN?

Selasa, 17 Mei 2022 - 11.08 WIB

SMKM TO ME - Bicara dunia SMK, pasti yang ada di bayangan kalian adalah pengembangan program keahlian yang hanya berfokus pada praktek dibandingkan teori. Padahal, nyatanya proporsi belajar teori dan belajar praktek itu berada di angka 70:30%. Dengan kata lain untuk memperkaya pengalaman siswa, mereka diajak tidak hanya berfokus praktek yang hanya melulu di workshop saja. Oleh sebab itu, maka diadakanlah sebuah program khusus yakni Prakerin atau yang biasa disebut PKL. 

PKL  adalah kegiatan pendidikan yang wajib diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Tujuan diselenggarakannya program ini adalah untuk melatih siswa dalam praktik di dunia industri. Para siswa telah menerapkan budaya kerja 5R dan K3LH yang telah diberikan saat materi di sekolah selain dari pada teori praktek di workshop jurusan masing-masing. 



Siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Tumijajar telah melaksanakan kegiatan PKL selama 5 bulan lamanya. Sehubungan dengan kegiatan mereka yang telah usai di dunia kerja dan industri, maka para siswa kemudian dikumpulkan untuk kesekian kalinya dalam rangka memberikan arahan dan pemantapan kelompok bimbingan terkait tugas yang wajib diselesaikan.

Ketua PKL SMK Muhammadiyah Tumijajar, Bapak Suyanto, S.Pd., mengumpulkan para siswa kelas XI di lapangan kebanggan SMKM TO ME. Siswa yang ikut apel pagi tadi adalah yang terjadwal untuk melaksanakan bimbingan perdana terkait Jobsheet yang harus mereka selesaikan dalam waktu dekat ini. 



Arahan dari Ketua PKL tersebut disimak dengan baik oleh para siswa, mengingat mereka memang sangat antusias menyelesaikan sedikit lagi laporan akhir selama mereka belajar di tempat PKL. Oleh karena itu, sebagian siswa yang tidak terjadwal untuk bimbingan Job Sheet dengan pembimbing yang telah dibagi adalah tetap melaksanakan Kegiatan Belajar dan Mengajar di kelas masing-masing.

Sebetulnya, membuat Laporan Jobsheet PKL tidak harus dikerjakan saat sudah selesai PKL saja, siswa justru dapat sambil mencicil kegiatan tersebut di sela-sela program PKL berlangsung. Supaya pada saat di masa PKL, siswa telah menyempurnakan hasil laporannya. 

Namun, berbeda dengan siswa PKL di tahun ini bagi SMK Muhammadiyah Tumijajar. Dikarenakan pandemi yang sudah mulai menyusut, khusus angkatan 2021-2022 ini panitia menerjunkan siswa kelas XI untuk PKL secara keseluruhan dalam satu waktu. 



Ketua PKL, Bapak Suyanto, S.Pd., pada arahannya menyampaikan himbauan dan motivasi kepada para siswa yang akan menyelesaikan Laporan PKL tersebut. Himbauan itupun tidak terlepas dari ilmu dan akhlak yang tetap harus dijunjung selama berproses di SMK Muhammadiyah Tumijajar. Hal ini dimaksudkan agar para siswa memahami betul bagaimana sebaiknya bersikap selayaknya siswa yang Religius, Unggul dan Siap Kerja sesuai dengan slogan tertinggi TO ME.(ASR)

Kirim Pesan